DPRD Setuju WTS Dilibatkan dalam Kegiatan Sastra

22/05/2012 at 15:00 (berita)

Jakarta, Kamis (Pos Kota)

Anggota DPRD DKI setuju dan menyambut baik adanya ide menampilkan WTS untuk membaca puisi di TIM (Taman Ismail Marzuki), Jakarta. Ketua DPRD DKI Soedarsono menyebutkan hal ini atas pertanyaan Pos Kota di Balai Kota DKI, Rabu.

Ketua Dewan yang mengamati masalah-masalah sosial ini menilai, mengajak WTS untuk terlibat dalam kegiatan sastra merupakan salah satu upaya menanamkan nilai kemanusiaan kepada mereka. Disebutkan, Pemda DKI selalu berupaya meresosialisasi para WTS. Upaya ini belum bisa memenuhi harapan karena adanya berbagai faktor yang mempengaruhi.

“Dengan jalur kegiatan-kegiatan sastra atau budaya, mudah-mudahan bisa menumbuhkan kepercayaan kepada WTS bahwa mereka mampu untuk berbuat sesuatu yang positif,” katanya.

Pendapat ini digarisbawahi anggota dewan lainnya, yakni Drs. H. Fadlun Amir, dan Komisi A. Wakil ketua komisi yang antara lain membidangi masalah budaya ini mengatakan, kita harus mampu menumbuhkan kepercayaan kepada WTS bahwa mereka masih punya jalan lain untuk mempertahankan hidupnya. “Mengajak WTS untuk membaca puisi, itu gak ada salahnya,: demikian dikatakan.

Kepada Dinas Kebudayaan DKI yang juga Direktur TIM Drs. Soeparmo ketika Pos Kota temui mengatakan, ide menampilkan WTS untuk membaca puisi itu tumbuh dari sastrawan sendiri, yakni F. Rahardi. Penyair ini akan mengajak beberapa WTS Kramat Tunggak dan Bongkaran untuk membacakan sajaknya, di TIM, 30 Juli mendatang.

“Tidak ada latar belakang lain kecuali hanya ingin menunjukkan bahwa WTS juga punya hak tampil di depan sastra,” ujarnya.

Drs. Achmadi, Kepala Biro Bina Sosial DKI, ketika Pos Kota temui juga menilai hal itu merupakan langkah baik. Pihaknya akan mempelajarinya untuk bisa dikembangkan. Kalau memungkinkan, katanya, bisa dijadikan salah satu jalur pola pembinaan WTS di Ibu Kota agar mereka mengalihkan profesinya. (D-2/18).

Sumber : Pos Kota, 25 Juli 1984.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: