“Sang Koruptor” Dilarang

02/07/2012 at 14:45 (berita)

Jakarta, Kompas

Pihak berwenang melarang sajak Catatan Harian Sang Koruptor oleh penyair F. Rahardi yang sedianya berlangsung Rabu malam ini di TIM. Larangan itu diterima panitia penyelenggara Selasa kemarin.

“Saya menerima pemberitahuan itu secara lisan lewat telepon,” kata Hardi, penyelenggara. “Berhubung dilarang, pertunjukan itu tentu saja batal”.

Tak diperoleh keterangan tentang sebab pelarangan tersebut. Sumber di kalangan seniman umumnya menyatakan rasa heran karena menganggap sensor mengendur sesudah Rendra diizinkan naik panggung kembali.

F. Rahardi yang juga baru kemarin diberitahu kalau acaranya batal mengaku kaget. “Sejumlah sajak yang bakal saya tampilkan, sudah saya baca di acara Cakrawala Puisi 11 November 1985 lalu di tempat sama. Dan, tidak ada reaksi apa-apa,” katanya.

Tahun lalu, Rahardi menarik perhatian ketika berniat membawa sejumlah WTS dalam acara pembacaan sajaknya berjudul Sumpah WTS.

“Waktu itu ketua DKJ yang melarang. Aneh, padahal yang mensponsori juga DKJ. Akhirnya saya kompromi, tetap membaca, tanpa membawa WTS. Kalau sekarang, ya mau apa, namanya dilarang. Meskipun menurut saya sajak-sajak saya itu nggak apa-apa. Konsepnya juga seperti punakawan, banyolan saja,” tutur Rahardi.

Menurut Hardi, pembatalan acara yang berlangsung mendadak ini akan merepotkan. Apalagi, katanya, sebagian dari karcis yang dijual per lembar Rp 2.000 sudah beredar. “Yang terlanjur membeli bisa menukarkannya kembali di TIM”, tambahnya. (efix)

Sumber : Kompas, 22/1/1986

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: