PARAGRAF 2017 (2)

11/07/2017 at 12:58 (artikel)

Sebuah paragraf, hanya bisa mewadahi satu pokok pikiran. Satu paragraf paling sedikit terdiri dari tiga kalimat. Pertama kepala kalimat (pokok kalimat, kalimat utama). Kedua kalimat pendukung. Dan ketiga kalimat konklusi. Biasanya kepala kalimat ditempatkan pada awal paragraf. Tetapi ini bukan keharusan.

Sebuah kalimat, paling sedikit terdiri dari dua kata, berupa subyek dan predikat. Tanpa subyek atau tanpa predikat; kumpulan kata itu bisa berupa frasa, bisa bukan frasa, bukan kalimat. Kalimat: “Saya (subyek) ngantuk (predikat)”. Frasa: “Negara Kesatuan Republik Indonesia”. Bukan Frasa, bukan kalimat: “Ngantuk saya.” dan “Indonesia Kesatuan Republik Negara”.

Contoh paragraf: “Saya ngantuk (kepala kalimat). Padahal saya baru bangun tidur (kalimat pendukung). Jangan-jangan saya sakit (kalimat konklusi). Silakan mulai mencoba menulis satu paragraf, tiga kalimat, sokur ada foto, dan diposting.

Cimanggis, 5 Januari 2017.

Pernah dimuat di FB Floribertus Rahardi

Tinggalkan Balasan

