PARAGRAF 2017 (4)

24/07/2017 at 12:44 (artikel)

Awal tahun 2000an, tak sengaja saya menonton acara TVRI. Dalam acara itu ditampilkan tayangan obyek wisata alam Perum Perhutani yang cukup menarik. Presenter cerita panjang lebar tentang obyek wisata alam itu, tapi dari awal saya tunggu-tunggu tak pernah disebutkan, obyek wisata itu berada di mana? Kemudian tak sengaja, kameraman menshot papan nama Pos Perhutani Cidahu, Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Saya langsung bilang: “O….. Cidahu!”
Di media sosial, lebih spesifik lagi di FB, tak terbilang banyaknya postingan foto dan video tanpa penjelasan apa pun. Nitizen dianggap Tuhan Yang Maha Tahu, hingga foto dan video itu cukup diposting begitu saja. Itu memang boleh-boleh saja, tapi yang rugi ya si pemosting foto itu sendiri, karena nitizen tak akan tahu apa (what), siapa (who), di mana (where), kapan (when), mengapa (why) dan bagaimana (how); dari foto tersebut.

Dalam dunia jurnalistik, apa, siapa, di mana, kapan, mengapa dan bagaimana itu disebut lima w satu h. Sebuah paragraf, idealnya lengkap mencantumkan lima w satu h; agar pembaca bisa memperoleh informasi yang jelas dan akurat, tentang sesuatu yang disampaikan oleh si penyampai informasi.

Misalnya, ketika saya memosting foto anak menangis (apa, kepala kalimat). Saya sebutkan bahwa itu Bara (siapa, kalimat pendukung 1). Cucu saya di Kampung Tipar (di mana, kalimat pendukung 2). Foto saya buat kemarin tanggal 6 Januari 2017 (kapan, kalimat pendukung 3). Dia menangis karena berantem dengan kakaknya (mengapa, kalimat pendukung 4). Dia baru diam setelah mainan yang direbut kakaknya dikembalikan (bagaimana, kalimat konklusi).

Cimanggis, 8 Januari 2017

Pernah dimuat di FB Floribertus Rahardi

Tinggalkan Balasan

