PARAGRAF 2017 (5)

01/08/2017 at 15:17 (artikel)

Pertanyaan apa (komponen pertama 5 w 1 h), bisa menyangkut alam semesta, benda, hewan, tumbuhan, dan peristiwa. Jadi apa itu bisa berarti gunung, laut, kota, sepeda motor, uang, anjing, jambu monyet, dan kecelakaan pesawat terbang. Tidak semua paragraf harus berisi lengkap 5 w 1 h. “Apa” dalam sebuah paragraf, tidak harus didukung oleh siapa, di mana, kapan, mengapa dan bagaimana; tetapi bisa pula didukung oleh “apa” berikutnya yang merupakan rincian dari apa sebelumnya.

Misalnya: Makanan ini bernama getuk (kepala kalimat). Getuk terbuat dari singkong (kalimat pendukung 1). Singkong merupakan umbi akar (kalimat pendukung 2). Jenis singkong mentega paling enak dibuat getuk (kalimat konklusi).

Empat kalimat itu, semua menjelaskan pertanyaan apa, tanpa siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana. Susunan kalimat itu sudah bisa disebut paragraf. Penjelasan tentang siapa (pembuat getuk paling terkenal), di maka (bisa membeli getuk tersebut), kapan (ia mulai membuat getuk), mengapa (ia memilih menjadi pembuat getuk), dan bagaimana (getuk itu dibuat); bisa dijabarkan dalam paragraf berikutnya.

Cimanggis 9 Januari 2017.

Pernah dimuat di FB Floribertus Rahardi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: